Kamis, 05 April 2012

KIAT MENGENALI DAGING AYAM SEGAR

DAGING AYAM SEGAR
Kadang-kadang kita temui bagian daging ayam yang berwarna kebiruan. Cacat ini disebabkan cara penangkapan yang kasar atau pengisian keranjang ayam yang terlalu padat sehingga menyebabkan tulang patah atau daging memar. Daging seperti ini berkualitas rendah karena lebih mudah tercemar mikroorganisme sehingga daging lekas membusuk.
Demikian pula penanganan yang kasar selama pengolahan sehingga menyebabkan kulit sobek, akan mengurangi rasa serta aroma daging.
Ayam mentah yang masih segar ditandai oleh persendiannya yang masih lemas, selain tidak berlendir, dan berbau khas ayam. Kalau Anda menemui ayam potong yang sudah berwarna kebiruan, jangan dibeli, karena ini salah satu ciri ayam itu sudah mati sebelum dipotong. Darah yang tidak keluar dari badan ayam lalu mengalami okidasi dengan oksigen, menyebabkan munculnya warna kebiruan.
KIAT MENYIMPAN DAB MENGOLAH
Supaya daging tidak cepat busuk, dianjurkan penyimpanan dilakukan di dalam kotak pembeku (freezer) lemari es, sebab penyimpanan pada suhu kamar hanya bisa bertahan 24 jam.
Sebelum disimpan, ayam segar yang baru dibeli harus dicuci bersih dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang terbawa pada daging selama proses pemotongan dan penjualan di pasar. Kalau masih ada jeroan dan leher, harus dikeluarkan/dipotong dan disimpan terpisah, karena jeroan lebih cepat membusuk dibandingkan daging.
Setelah dicuci, daging ditiriskan atau kalau mungkin, dikeringkan dengan kertas tisu. Air yang terlalu banyak pada permukaan daging, memberi peluang besar untuk tumbuhnya mikroorganisme pembusuk.
Setelah daging relatif kering, dimasukkan ke dalam kantung plastik dan disimpan di freezer. Sebaiknya diusahakan berat ayam tidak lebih dari dua kilogram per kemasan untuk mempercepat pembekuan. Makin cepat daging membeku, makin sedikit terjadi kerusakan akibat pembekuan. Kerusakan akibat pembekuan terutama adalah timbulnya ketengikan pada lemak.
Bila daging beku ini akan direbus, pelelehan (thawing) tidak mutlak diperlukan. Tetapi bila ingin digoreng atau dipanggang, thawing yang sempurna menjadi keharusan. Cara pelelehan yang baik adalah secara lambat dan dingin. Jadi setelah dikeluarkan dari freezer ayam diletakkan di bagian bawah lemari es (refrigerator). Cara ini menjaga kadar air daging dan gizinya tetap tinggi. Lama pelelehan ini kira-kira 2-3 jam untuk tiap 0,5 kg daging.
Add caption

1 komentar:

tesa mengatakan...

kita memang sangat perlu bangett tuh untuk mengenali jenis daging ayam

banner iklan